Jembatan Kereta Terpanjang di Indonesia

Posted by Ichsan Hamzah

Jembatan Cikubang merupakan jembatan KA terpanjang di Indonesiayang masih aktif. Sebenarnya, ada sebuah jembatan yang lebih panjang dari ini, yaitu jembatan Cikacepit. Tetapi, jembatan tersebut berada di jalur Banjar-Pangandaran-Cijulang yang merupakan jalur yang tidak aktif/mati. 
Jembatan Cikubang berada di jalur Cikampek-Purwakarta-Bandung. Sebelumnya, lebih baik 
kita baca sejarah jalur yang ditempati jembatan ini dulu.
Sejarah Jalur KA Cikampek-Purwakarta-Bandung
Transportasi kereta api antara Jakarta – Bandung via Bogor (Buitenzorg) dan Sukabumi dibuka secara bertahap antara tahun 1881 - 1884 oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen (SS). Keberadaan transportasi kereta api ini mendorong meningkatnya mobilitas sosial, komunikasi dan perdagangan antara kota Jakarta (Batavia) dengan kota Bandung.
Perusahaan kereta api swasta Bataviasche Ooster-Spoorweg Maatschappij (BOS) yang kemudian tertarik menanamkan modal pada bisnis pengembangan jalur kereta api di Jakarta (Batavia), khususnya bagian timur Jakarta (Batavia) yaitu rute Jakarta-Karawang. Pada tahun 1887, jalur Jakarta (Batavia) - Bekasi sepanjang 27 km selesai dibangun kemudian dilanjutkan Jalur Bekasi - Kedungede selesai dibangun pada 1891. Seperti kisah NIS (Nederlandsch-Indische Spoorweg maatschappij), BOS pun mengalami kesulitan keuangan. Akhirnya Pemerintah Hindia Belanda memberi bantuan dana pada BOS untuk menyelesaikan jalur hingga Karawang dan selesai dibangun pada 1898. Karena jalur kereta api rute Jakarta – Bandung via Bogor dan Sukabumi dirasakan kurang memadai, maka dibangunlah jalur alternatif melalui Karawang, Cikampek dan Purwakarta yang dimulai pada akhir tahun 1900 oleh perusahaan kereta api Staats Spoorwegen (SS).
Jalur kereta api kedua rute Jakarta - Bandung via Cikampek dan Purwakarta dibuka tanggal 2 Mei 1906. Keuntungan jalur kereta api melalui Cikampek dan Purwakarta adalah waktu tempuh perjalanan kereta api rute Jakarta – Bandung menjadi lebih cepat dari pada melalui Bogor dan Sukabumi. Panjang jalur Jakarta - Cikampek adalah 81 km, panjang jalur Cikampek - Purwakarta adalah 19 km dan panjang jalur Purwakarta - Bandung adalah 56 km.
Pembangunan jalur jalan kereta api antara Purwakarta-Bandung ini tidak berjalan dengan mulus. Hal ini disebabkan karena wilayah Jawa Barat bagian selatan ini, selain bergunung juga memliki lembah ataupun sungai-sungai yang tebingnya sangat curam. Pada jalur ini terdapat jembatan Cikubang yang merupakan jembatan kereta api terpanjang di Indonesia sepanjang 300 meter dan jembatan Cisomang yang merupakan jembatan kereta api yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian hampir 100 meter dari dasar sungai Cisomang. Selain itu juga terdapat terowongan Sasaksaat yang memiliki panjang 950 meter.
Jalur kereta api rute Jakarta-Bandung via Cikampek dan Purwakarta menjadi favorit sejak era pemerintah Hindia Belanda karena pemandangan alam yang indah dan hawa yang sejuk. Jalur kereta api meliuk-liuk di antara perbukitan. Panorama indah dengan deretan pepohonan, bukit-bukit yang menyembul, hamparan sawah yang berundak dan sungai akan memanjakan mata penumpang kereta api.
Kontur tanah yang berbukit dan berlembah membuat moda kereta api menjadi angkutan yang efisien pada saat itu untuk angkutan penumpang dan membawa hasil bumi seperti kina dan teh dari Bandung menuju Jakarta.
Tak bisa dimungkiri, terbentangnya rel kereta api rute Jakarta-Bandung turut andil mengubah kehidupan sosial dan ekonomi di kota Bandung saat itu. Pada masa kejayaan kereta api itulah tumbuh hotel, kafe dan pertokoan. Hotel Preanger dan Savoy Homann adalah sisa kejayaan dari dibukanya kereta api rute Jakarta - Bandung, termasuk bentuk bangunan pertokoan di kompleks Braga yang bergaya Eropa. 
Jembatan Cikubang merupakan jembatan kereta api yang menghubungkan kota Bandung dengan kota Jakarta. Jembatan ini terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Propinsi Jawa Barat. jembatan sepanjang 300 meter memiliki empat pilar baja seberat sekitar 110 ton.
Jembatan Cikubang yang merupakan jembatan kereta api terpanjang di Indonesia sepanjang 300 meter. Jembatan Cikubang mulai digunakan sejak tahun 1906 dan masih saat ini masih kokoh berdiri dengan tinggi 80 meter dari dasar sungai Cikubang. Inilah jembatan kereta api yang berstruktur terbesar yang masih aktif di Indonesia. Jembatan Cikubang terlihat jelas dari jalan raya antara Plered dan Padalarang, bahkan sering membuat wisatawan berhenti sejenak untuk menyaksikan kereta api yang melintas di jembatan tersebut.
Het Djadoel
Tjikoebang Dalam Proses Pembangoenan: 
Tjikoebang Dalam Proses Pembangoenan: 
Tjikoebang Soedah Djadi: 

Artikel Terkait

Translate