4 Tips Blogwalking Dengan Cepat

Posted by Unknown

http://yudhiapr.blogdetik.com/files/2008/12/walking.jpg 

Apa itu Blogwalking? ,mungkin untuk para sesepuh bloger kata blogwalking sudah tidak asing lagi di dengarnya,menurut saya arti Blogwalking sendiri adalah berkunjung ke blog lain,biasanya sambil membaca2 postingan (tulisan) blog tersebut,memberikan komentar pada postingan yang telah di baca,bertukar link (walaupun bukan suatu keharusan).


Istilah blogwalking yang terburu- buru biasanya diplesetkan menjadi Blogrunning.

1. Baca Judulnya
Langsung berkomentar tanpa membaca sangat tidak sehat dalam dunia blog. Apalagi jika isi komentar kita hanyalah kalimat sapaan salam kenal dan pujian singkat saja seperti "salam kenal, nice info. Makaseh" ditambah lagi dengan permintaan kunjungan balik.

Pemilik blog manapun pasti tidak suka dengan komentar seperti itu. Masih syukur jika anda tidak di "mark as spam" oleh pemilik blog.

Jadi setidaknya anda baca dulu judulnya atau kalau bisa kalimat/paragraf pertama. Lalu dari sana buatlah komentar yang setidaknya masih nyambung dengan apa yang sedang dibicarakan.

Dengan begitu pemilik blog akan merasa lebih dihargai ketika membaca komentar anda.

2. Baca Paragraf Terakhir
Selain dengan membaca judul atau paragraf pertama, kita bisa juga berkomentar dengan membaca paragraf atau kalimat terakhir. Apalagi jika pemilik blog bermurah hati dengan menambahkan kalimat penutup yang bisa mengundang komentar. Misalnya : "Jadi, apakah anda pernah blogwalking dengan terburu-buru?".

3. Baca Komentar Sebelumnya
Tidak ada aturan baku bahwa ketika berkomentar kita harus mengomentari tulisan yang mem-posting.
Bisa juga kita berkomentar berdasarkan komentar sebelumnya. Saat ini sudah banyak blog yang menyediakan fasilitas "thread comment" pada blognya, biasanya pada blog wp berbayar.

4. Jujur
Langkah terakhir adalah jujur. Jujur saja berkomentar bahwa anda belum membaca selengkapnya. Misalnya : "Tutorial ini bagus sekali, saya akan bookmark dulu".



Referensi

Artikel Terkait