Dasar Pengenalan tentang Komputer

Posted by Unknown

Teknologi telah berkembang pesat. Seperti halnya radio, televisi, dan telepon, komputer kini telah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Komputer sudah biasa kita jumpai di sekolah, perkantoran, di tempat umum, bahkan di rumah tangga. Komputer banyak digunakan karena dapat menunjang berbagai kebutuhan dan aktivitas manusia. Artikel ini akan memberikan gambaran secara umum tentang apa dan bagaimana komputer.
Mengenal Komputer
Komputer adalah seperangkat alat yang digunakan untuk mengolah data menurut prosedur tertentu. Komputer tersusun atas perangkat keras (
hardware

) dan perangkat lunak (
software
). Hardware atau perangkat keras adalah fisik komputer, mulai dari papan ketik, layar, komponen, hingga piranti pendukung seperti printer. Software atau perangkat lunak adalah program komputer, mulai dari sistem operasi, aplikasi, hingga bahasa pemrograman. Komputer pertama kali dibuat sekitar tahun 1940–1945. Bayangkan, besarnya satu ruangan penuh. Inovasi teknologi yang terus berlangsung hingga saat inilah yang membuat komputer semakin ringkas, beraneka jenis, dan lebih berdaya guna.
Jenis Komputer
Dewasa ini komputer telah berkembang menjadi berbagai jenis, sesuai ukuran dan kegunaannya.


Personal Computer (PC)
atau
Microcomputer
, yaitu komputer yang didesain untuk dipakai oleh perorangan. Komputer jenis ini yang lazim kita temukan, baik PC Desktop yang ada di meja-meja perkantoran, maupun Laptop yang bisa dibawa ke mana-mana itu.


Desktop
, komputer PC yang didesain untuk dipasang secara permanen di satu tempat. Jenis inilah yang telah lama dikenal masyarakat luas.



Laptop
atau
Notebook
, komputer PC yang didesain untuk bisa digunakan secara fleksibel, mudah berpindah lokasi, dan lebih hemat energi.


Personal Digital Assistant (PDA)
atau komputer genggam, yaitu komputer yang didesain ringkas tanpa keyboard dan berukuran mungil. Pengoperasiannya melalui layar sentuh.

Artikel Terkait